keindahan tanah Papua bagaikan nyanyian burung cenderawasih pada pagi dan sore hari yang menyatakan beginilah keindahan kami, beginilah keramahan kami, beginilah kehidupan kami...

Rabu, 10 Desember 2008

kenapa manusia lebih tinggi akal budi

yang selalu menjadi permasalahan aku selama ini adalah kenapa manusia diciptakan memiliki akal budi lebih tinggi dari makhluk yang lain. apakah hal ini dapat ditinjau dari sisi filsafat?
jika bisa bagaimana penjelasannya?

3 komentar:

  1. Yang terjadi adalah yang terbaik untuk terjadi bagi siapa pun. Pertanyaannya adalah apakah benar manusia memiliki budi lebih tinggi dari makhluk lain? Makhluk lain tidak pernah membantai sesamanya dengan brutal, tapi manusia?? Lihat perang Irak, Perang Dunia I dan II, Pengeboman Hiroshima, apa benar manusia lebih berbudi dari pada makhluk lain?

    BalasHapus
  2. Segala urusan yang berkaitan dengan ciptaan Tuhan, maka metode yang tertinggi derajatnya adalah "percaya" atau "yakin", kemudian dijabarkan dengan metode-metode lain yang jangkauannya hanya urusan dunia atau lebih yang terbatas bisa kita pikirkan. Pikiran manusia bersifat terbatas. Jangankan hal yang berkait dengan kekuasaan Tuhan, memikirkan semua aspek perasaan saja tidak semuanya terjangkau. Karena pikiranku bersifat terbatas maka secara filsafat aku percaya tentang kekuasaan Tuhan. Termasuk jika Tuhan berkehendak menciptakan manusia yang lebih unggul dibanding dengan makhluk lainnya. Itulah sebabnya kita mempunyai referensi tentang kebenaran absolut dan kebenaran relatif (Dosen: Dr. Marsigit)

    BalasHapus
  3. Tulisan anda yang lain saya tunggu, khususnya refleksi dari artikel=artikel yang telah saya postingkan dan juga permasalahan yang muncul dalam perkuliahan (Dosen: Dr. Marsigit)

    BalasHapus