keindahan tanah Papua bagaikan nyanyian burung cenderawasih pada pagi dan sore hari yang menyatakan beginilah keindahan kami, beginilah keramahan kami, beginilah kehidupan kami...

Rabu, 14 Januari 2009

Dua Filsuf Pertama dalam Perkembangan Matematika

Seiring dengan perkembangan jaman dan ilmu pengetahuan, tak terlepas dari perkembangan matematika yang dimulai sejak zaman Yunani kuno yaitu Thales sampai Abad XX berbagai cabang ilmu matematika telah menghiasi pola pikir manusia.

Pada kehidupan Thales (625–545 SM) telah memberi warna tersendiri bagi perkembangan matematika. salah satu contoh Thales dengan meggunakan pola pikir matematik dan astrononi menentukan terjadinya gerhana matahari yang terjadi di tahun 585 SM. Selain itu juga Thales membuktikan dalil-dalil geometri yang salah satunya adalah membuktikan kedua sudut alas dari segitiga sama kali sama besar. Maka dengan pengetahuan dan kemampuan berpikir atau dengan kepintaranya maka Thales diakui sebagai Bapak Filsafat dan selain itu juga diakui sebagai ilmuwan pertama di dunia dan juga untuk bangsa Yunani Thales termasuk salah seorang dari tujuh orang arif Yunani. Hanya saja semua yang diajarkannya tidak dituliskannya melainkan berkembang oleh murid-muridnya.

Perkembangan matematika selanjutnya oleh Pythagoras (572-497 SM) yang filosofinya berdasar pada pandangan agama dan paham keagamaan atau dapat disebut sebagai suatu aliran mistik. Karena Pythagoras percaya akan kepindahan jiwa dari makhluk yang sekarang kepada makhluk yangakan datang. Selain itu, Pythagoras diakui sebagai ahli pikir terutama dalam ilmu matematika. salah satu pandangannya adalah ia mengatakan bahwa alam ini tersusun sebagai angka-angka. Dimana pokok pengajarannya ia mengatakan segala benda adalah angka-angka. Sehingga segala sesuatu yang dilihatnya merupakan angka-angka. Namun apa yang diajarkan tidak dituliskan.

Dari kedua filsuf ini, memberikan dasar berpikir kepada murid-muridnya dan penerusnya sehingga perkembangan matematika sejalan dengan perkembangan ilmu–ilmu pengetahuan lain. Selain itu juga memberikan sumbangan pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar