keindahan tanah Papua bagaikan nyanyian burung cenderawasih pada pagi dan sore hari yang menyatakan beginilah keindahan kami, beginilah keramahan kami, beginilah kehidupan kami...

Kamis, 15 Januari 2009

Refleksi Perkembangan Matematika (Matematika dilihat dari berbagai sudat pandang oleh Dr. Marsigit)

Matematika dikatakan netral dan bebas nilai dalam artian menurut pandangan kaum absolutis yang berpendapat bahwa nilai yang dimaksud adalah nilai yang melekat pada diri mereka yang berupa kultur. Sedangkan secara isi matematika merupakan ilmu yang abstrak dan tersusun secara teratur. Walaupun menurut Protagoras manusia itu adalah ukuran bagi segalanya, bagi yang ada karena adanya, bagi yang tidak ada karena tidaknya. Disini diartikan bahwa semuanya itu harus ditinjau dari pendirian manusia sendiri-sendiri dalam hal ini pandangannya, karena pendapatku adalah hasil dari pandanganku sendiri.

Dengan melihat pendapat di atas, maka dimanakah posisi matematika dalam perkembangannya? Jika dengan kenyataan bahwa setiap pendapat merupakan pandangannya yang kebenaran hanya pada kelompok atau sejalan dengan pikirannya. Contohnya saja dikatakan bahwa kaum absoluti berpendapat suatu penemuan belumlah merupakan matematika dan matematika modern merupakan hasil yang tak terhindarkan. Dan menurut kaum social constructivist matematika modern bukanlah suatu hasil yang tak terhindarkan melainkan merupakan evolusi hasil budaya manusia. Disini jelas sekali ada pandangan yang memberikan pembenaran antara kaum atau kelompok.

Walau dengan demikian usaha yang telah dilakukan sangat membanggaan karena dengan adanya perbedaan pandangan maka lahirlah suatu tesis-tesis baru yang siap untuk menerima antitesis dari yang berbeda pandangan. Ini merupakan seni dalam berolah pikir, karena dengan demikian perkembangan matematika akan terus terjadi seiring dengan kebutuhan jaman. Selain itu juga perlu dicari irisan permasalahan yang dapat digunakan sebagai tonggak dalam pemecahan masalah guna perkembangan matematika selanjutnya, yang disesuaikan dengan kebutuhan atau kegunaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar